Roadshow PEI ke Korwil Jabar, Sulawesi, Maluku, & Papua

PEI Pusat Roadshow Ke Korwil Jawa Barat, Sulawesi, Maluku & Papua

 

Pengurus Pusat Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) periode 2021 – 2024 dipimpin oleh Ketua PEI Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg mengadakan kunjungan kerja secara virtual ke Koordinatoriat Wilayah (Korwil) Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, Papua (Jabar Sulampua). Acara berlangsung pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 WIB dan dihadiri 60 peserta.

 

Acara tersebut merupakan rangkaian acara roadshow Pengurus Pusat PEI yang sudah dimulai sejak minggu lalu. “Acara ini merupakan agenda untuk menggali potensi, peluang, kendala, dan usulan dari wilayah dalam rangka pengembangan PEI khususnya dan ergonomi Indonesia umumnya”ucap Ketua PEI Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg yang lebih akrab di sapa Prof. Lilik saat menyampaikan sambutan.

 

Hadir juga beberapa Dewan Pembina PEI diantaranya Ketua Dewan Pembina PEI Dr. dr. Lientje Setyawati Kusumaharta Maurits, M.S., Sp.OK yang lebih akrab di sapa Bunda Lientje, Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc, Dr.Ir. Heru Prastawa, DEA, dan Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, MT. Pada sambutannya, Bunda Lientje menekankan pentingnya penerapan ergonomi di semua aspek kehidupan bahkan hingga aspek terdekat yaitu rumah tangga. “Saya menyambut baik agenda roadshow ini dalam rangka kemajuan organisasi kita. ergonom harus mampu bersinergi dengan dunia industri dan dunia usaha dan jangan melupakan penerapan ergonomi dalam keseharian kita di rumah tangga agar tetap sehat dan produktif” ucapnya.

 

Acara yang di pandu oleh Dr.Eng Irma Nur Afiah, S.T.,M.T dan moderator Nana Rahdiana, S.T., M.T berjalan dengan santai namun sarat makna. Banyak potensi, peluang, kendala, dan usulan yang disampaikan Ergoers (sebutan anggota PEI) dari Jabar Sulampua. Ketua Korwil Jabar Dr.Thedy Yogasara, S.T., M.Eng.Sc dalam pemaparannya menyampaikan bahwa salah satu potensi Jawa Barat adalah banyaknya kawasan  industri berskala besar dapat menjadi peluang PEI untuk melakukan sinergi. Sementara itu Dr.Eng Ilham Bakri S.T., M.Sc Ketua Korwil Sulawesi, Maluku, Papua  menyoroti potensi wilayah termasuk didalamnya UMKM yang butuh sentuhan ergonomi.

 

Prof. Lilik mencatat sedikitnya ada sepuluh hal terkait potensi, peluang, kendala, dan usulan yang disampaikan Ergoers dari Korwil Jabar Sulampua. Hal-hal tersebut diurai satu persatu untuk disinergikan dengan program kerja yang telah di buat oleh Pengurus Pusat PEI. Sebagai informasi, PEI mempunyai empat wakil ketua yaitu Dr.Eng Listiani Nurul Huda,M.T., IPM Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi dan Anggota. Dr. Johanna Renny Octavia Hariandja, S.T., M.Sc., P.D.Eng Wakil Ketua Bidang Kerjasama Kelembagaan dan Hubungan Internasional. Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Sertifikasi Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., P.hD, CHFP., IPM., ASEAN Eng dan Dr.Eng Titis Wijayanto, S.T., M.Des sebagai Wakil Ketua Bidang Sinergi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Seluruh Wakil ketua tersebut turut menaggapi potensi, peluang, kendala, dan usulan yang disampaikan Ergoers dari Korwil Jabar Sulampua.

 

Pekan sebelumnya acara serupa digelar secara virtual bersama dengan Korwil Sumatera, Kalimantan, Banten dan Jakarta sedangkan minggu depan rencananya akan berlanjut ke Korwil Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Mari kita terus Berkarya, Berdharma, Berjaya, Berkontribusi”ujar Prof. Lilik pada sesi penutupan acara. (IING)

Poster Kegiatan

Dokumentasi Kegiatan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *